Jawaban ulangan informatika Analisis Data
Annisa Shafira Vikry 8G 07
Daftar Pertanyaan :
- Apakah tujuan belajar analisis data?
- Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis? - Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
- Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
- Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
- Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
- Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
- Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
- Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
- Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
- Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
- Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
- Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya? - Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data? - Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan? - Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan! - Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
- Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)? - Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
- Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
Jawaban :
1. Agar bisa mampu mengakses, mengolah, mengelola
dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis
2. Menetapkan Pertanyaan, Mengumpulkan data, Analisis data
3. Vlookup : Berguna untuk menampilkan dara dari tabel yang disusun dalam format vertikal
Hlookup : Berguna untuk menampilkan dara dari tabel yang disusun dalam format horizontal
4. Pivot table merupakan sebuah tabel berisi data yang telah diringkas
berdasarkan kategori tertentu
5. SUMIFS dan COUNTIFS merupakan formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung data dan sekumpulan dat bedasarkan kondisi tertentu
6. Merupakan gambaran umum dari data yang sudah diringkas. yang sebelumnya berjumlah banyak dan sulit untuk
dipahami secara langsung
7. Agar bisa mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari
situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar
kerja atau secara manual.
8. Blok tabel yang ingin dibuat menjadi grafik, Klik tab ‘Insert’, Klik ‘Insert Line or Area Chart’ pada bagian ‘Charts’ , Lalu data otomatis akan menjadi grafik
9. Sekumpulan informasi atau juga keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber-sumber tertentu
10. Proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.
11. Proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan
12. Digunakan untuk membaca data dari suatu tabel atau untuk memindahkan data dari tabel yang satu ke tabel yang lain
13. Match : mencari posisi sebuah nilai dalam sebuah range
Index : mencari tahu nilai atau referensi sebuah cell dengan memasukkan informasi nomor baris dan kolom
Choose : mencari sebuah nilai dalam sebuah list berdasarkan posisi yang diberikan.
14. Iya.
15. Sumifs.
16. Iya, agar memudahkan pendataan pada tabel
17. Iya.
18. Tidak ada.
19. "PIVOT" memiliki arti putaran/poros
20. Sudah.
Comments
Post a Comment